Senin, 04 Juni 2018

BIOLOGI SMA/MA



RUANG LINGKUP BIOLOGI

A.    RUANG LINGKUP BIOLOGI

1.    Kedudukan Biologi dlam Pengetahuan
            Ilmu pengetahuan (science) terdiri dari :
ü Ilmu pengetahuan alam (natural science)
                 Contoh :  Ilmu Biologi, Ilmu Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Geografi.

ü Ilmu pengetahuan sosial (social science)
                 Contoh :  Ilmu Sejarah, Ilmu Ekonomi, Hukum, bahasa Indonesia.

            2.    Cabang Biologi
ü Botani (tentang tumbuhan)
ü Zoologi (entang hewan)
ü Anatomi (susunan bagian dalam)
ü Morfologi (tentang bentuk tubuh)
ü Genetika (tentang pewarisan sifat)
ü Fisiologi (tentang kerja faal tubuh)
ü Sitologi (tentang struktur/fungsi sel)
ü Taksonomi (tentang penggolongan)
ü Histologi (tentang jaringan)
ü Organologi (tentang organ tubuh)
ü Silvikulturasi (tentang tanaman keras)
ü Hortikultura (tentang tanaman pangan)
ü Malakologi (tentang hewan lunak)

             3.      Metode Ilmiah
ü Identifikasi masalah
ü Observasi dan orientasi
ü Hipotesis
ü Pengujian dalam eksprerimen
ü Kesimpulan
ü Rumusan hukum
B.     BEKERJA ILMIAH
            Komponen kerja ilmiah berupa sikap ilmiah jujur dan objektif, proses ilmiah berupa obeservasi dan eksperimen, produk ilmiah berupa fakta dan teori.
            Keterampilan proses ilmiah yang harus dimiliki adalah:
ü Ovservasi
ü Mengukur
ü Menggambar
ü Membuat Tabel
ü Predicting
ü Inferring
ü Menentukan variabel

C.    TEORI ABIOGENESIS DAN TEORI BIOGENISIS
1.    Teori Abiogenesis dikemukakan oleh Aristoteles berdasarkan pengamatan pada daging yang dibiarkan diudara terbuka yang akan memunculkan belatung pada daging.

2.    Teori Biogenesis, yang dikemukakan oleh para ahli sebagai berikut:
a.    Percobaan Franssisco Redi
Redi melakukan percobaan pada dua karat daging yang dimasukkan ke dalam stoples kaca. Stoples 1 ditutup dengan kain kasa sedangkan stoples 2 ditutup dengan kain rapat. Hasilnya pada stoples 1 ditemukan sedikit lebih banyak larva lalat pada dibanding stoples 2. Kesimpulannya larva lalat bukan berasal dari daging  yang membusuk, tetapi berasal dari lalat yang hinggap di kain kasa.
b.    Percobaan Lazaro Spallanzani

 
Spallanzani melakukan percobaan menggunakan air kaldu yang dipanaskan dan diletakkan di 2 tempat labu (labu kaca). Labu 1 dibiarkan diudara terbuka sedangkan labu 2 ditutup dengan sumbat gabus. Hasilnya labu yang terbuka terlihat keruh sedangkan labu yang tertutup masih jernih. Kesimpulannya kehidupan tidak berasal dari air kaldu.
c.    Percobaan Pasteur
Percobaan Pasteur adalah sebagai berikut:
ü Labu berleher angsa diberi air kaldu dipanaskan. Hal ini untuk menjaga agar air kaldu tidak berhubungan dengan dunia luar.
ü Labu didinginkan dan ditaruh di tempat yang aman. Karena bentuk leher labu berlekuk, maka udara luar sulit masuk ke dalam air kaldu. Jadi, air kaldu tetap jernih.
ü Leher labu dipecahkan sehingga air kaldu bersentuhan langsung dengan udara terbuka. Hasilnya air kaldu langsung berubah menjadi keruh.

3.    Teori-Teori Lainnya
a.    Teori Kreasi Khas, yaitu kehidupan diciptakan oleh supranatural (gaib) pada saat istimewa.
b.    Teori Katalisme,  segala spesies diciptakan sendiri-sendiri dan berlangsung dalam periode-periode tertentu.
c.    Teori Kosmozoan,  kehidupan di planet bumi berasal dari potoplasma.




D.    EVOLUSI KIMIA
           Ilmuwan Amerika Serikat, Harold Urey menyatakan bahwa teori terbentuknya makhluk hidup ada 4 tahapan, yaitu:
                  1.      Molekul metana, amonia, hydrogen, dan uap air tersedia sangat banyak diatmosfer bumi.
                  2.      Energi dari halilintar menyebabkan zat-zat tersebut beraksi.
                  3.      Pembentukan dimulai dari zat sederhana, yaitu virus.
                  4.      Zat lainnya terbentuk secara bertahap menjadi lebih kompleks.



Sumber:
Buku Metode Cling Semua Materi Biologi SMA dari Penerbit Pustaka Widyatama : Yogjakarta.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar